Aturan Yang Perlu Diketahui Seputar Import Ekspor Barang

Semua
Spread the love

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa usaha import dan ekspor merupakan salah satu jenis bisnis yang sekarang ini cukup diminati oleh sebagian besar pebisnis yang ada di Tanah Air. Seiring dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan internet yang semakin maju di era digital ini, membuat transaksi secara digital tidak lagi mencangkup satu wilayah saja, akan tetapi transaksi jual beli dapat dilakukan di wilayah yang lain dengan kemudahan transaksi melalui digital yang sekarang ini banyak digunakan oleh pebisnis-pebisnis di Tanah Air. Banyak dari barang-barang yang berasal dari luar negeri diminati oleh masyarakat, tak heran bisnis ini tumbuh semakin subur. Barang dari luar negeri seperti China juga telah mendapat tempat di kalangan masyarakat dari berbagai golongan, sehingga barang-barang import dari China cukup laris manis di pasaran. Lalu, apa saja manfaat berbisnis barang import dari China tersebut? Ketahui informasi lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Bisnis Import Barang Dari China

Membicarakan tentang produk dari China, sepertinya banyak sekali produk yang digemari oleh masyarakat di Tanah Air, sehingga memberikan manfaat bagi para jasa import barang.

  1. Efisien

Perlu diketahui bahwa berbisnis import produk yang berasal dari China banyak dipilih karena efisiensi pada saat pembuatan barang. Barang atau produk yang dibuat asal China diproduksi berdasarkan kebutuhan dari konsumen, sehingga jalur produksi disiapkan dengan cepat dan tingkat efisiensi yang tinggi. Maka, permintaan konsumen dapat diproses lebih cepat tanpa perlu menunggu waktu yang lama pada saat pemesanan barang yang diinginkan oleh konsumen.

  1. Jaringan Mitra Bisnis Luas

Tidak dipungkiri, China merupakan salah satu Negara dengan penghasil produk yang dapat dijumpai di seluruh dunia. Meskipun barang tersebut diproduksi di China, akan tetapi produk tersebut dapat dijumpai di seluruh dunia, sehingga fokus pembuatan barang di China difokuskan pada skala internasional. Selain itu, ekspor merupakan kegiatan yang menjadi komoditi utama China, sehingga melakukan import barang dari China merupakan hal yang cukup mudah.

  1. Murah Dan Terjangkau

Telah banyak diakui bahwa barang-barang produksi dari China memiliki harga yang lebih miring bila dibandingkan dengan barang produksi dari negara lain, sehingga hal tersebut dapat menjadikan margin keuntungan pada waktu penjualan menjadi lebih banyak. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan jasa penjualan barang import dari China.

Aturan Yang Perlu Diperhatikan Ketika Import Ekspor Barang

  • Menentukan jenis barang serta negara asal dari barang tersebut. Penentuan jenis dan asal dari barang tersebut nantinya akan memudahkan dalam proses kodifikasi barang-barang import yang dilakukan oleh lembaga Bea Cukai di Indonesia.
  • Menentukan sistem penyerahan barang yang diimpor. Sebelum melakukan kegiatan import barang, seorang importir perlu menentukan pengurusan tentang penyerahan barang yang meliputi pengangkutan, bea masuk dari barang import tersebut, perizinan masuk, hingga pengantaran barang dari gudang pelabuhan menuju ke tempat importir.
  • Mengurus cara pembayaran import. Pada saat melakukan import barang, maka seorang importir juga telah memikirkan cara pembayaran barang import tersebut, yang mana dapat dilakukan dengan Non-LC atau juga Documentari Credit-LC.
  • Mengurusi perizinan impor. Beberapa ketentuan yang perlu dilakukan dalam rangka pengurusan perizinan diantaranya meliputi NIK, API, kemudian legalitas dari perusahaan atau CV yang bertindak sebagai importir barang dari luar negeri tersebut.
  • Menentukan jadwal dari importasi. Importir perlu melakukan penyusunan jadwal importasi yang jelas sehingga dapat dikomunikasi dengan pihak supplier dengan baik, dan barang pun diharapkan dapat sampai ke tujuan dengan tepat waktu.