Sekilas Tentang Pengertian Dan Komoditas Utama Ekspor Import

Semua
Spread the love

Bagi masyarakat yang ada di Tanah Air, kegiatan ekspor dan import merupakan bentuk transaksi yang tidak asing di telinga masyarakat luas. Kini seiring dengan perkembangan global dan juga kemajuan di bidang teknologi, kegiatan transaksi secara global ini semakin mudah dilakukan dan juga semakin tumbuh subur di kalangan masyarakat. Apalagi dengan semakin terbukanya berbagai wilayah yang ada di Tanah Air, kegiatan ekspor dan import menjadi bergerak semakin aktif, mengikuti kebutuhan dari masyarakat yang selalu mengalami pertambahan setiap tahunnya. Pada artikel ini akan dijelaskan secara ringkas dan jelas terkait dengan pengertian dan juga apa saja komoditas utama yang dapat diekspor maupun diimpor? Simak ulasan selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Ekspor dan Impor

Kegiatan ekspor sudah berjalan sejak lama, namun tidak sedikit yang belum memahami sepenuhnya apa itu kegiatan ekspor. Nah, kegiatan ekspor sendiri adalah suatu aktivitas transaksi jual beli atau pertukaran barang maupun jasa yang dilakukan oleh suatu produsen atau supplier dari sebuah negara kepada konsumen yang ada di negara lain. Kegiatan tersebut juga harus memenuhi standar peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, selaku pihak yang berwenang dalam hal ini. Aktivitas ekspor ini dilakukan oleh sebuah negara dalam rangka pengendalian barang dan nilai dari barang di negara tersebut. Karena semakin banyak barang yang diproduksi, maka akan semakin menurunkan nilai dari barang tersebut, sehingga perlu dilakukan ekspor atau pengiriman ke berbagai negara yang membutuhkan barang produksi dalam jumlah tertentu dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama.

Adapun import sendiri dapat dipahami sebagai suatu aktivitas memasarkan produk barang dari daerah penghasil produk ke negara lain yang membutuhkan barang tersebut untuk pemenuhan kebutuhan dasar dari masyarakatnya. Aktivitas transaksi barang import ini dilakukan dengan pengawasan dari bea cukai selaku pihak yang berwenang mengurusi kegiatan ekspor dan import dalam negeri. Pada kegiatan import ini, barang yang masuk akan dikenakan bea atau pajak yang dibebankan kepada pembeli, sehingga cukup banyak ditemui barang dengan biaya yang sedikit mahal karena hasil dari pajak yang dikenakan oleh Pemerintah pada saat barang tersebut masuk ke wilayah Tanah Air. Kegiatan import ini diperlukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat suatu negara yang mana tidak mampu tercukupi oleh negara tersebut, sehingga perlu dilakukan import untuk memenuhi kebutuhan dasar dari masyarakat oleh negara pengimpor produk tersebut.

Komoditas Utama Ekspor Import

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan dalam negeri, maka aktivitas import dan ekspor mengacu pada barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di suatu negara. Berikut beberapa komoditas utama dari kegiatan ekspor dan import:

  • Hasil Alam

Adanya perbedaan kondisi geografis setiap negara memungkinkan adanya pertukaran atau jual beli barang yang produk yang dihasilkan dari suatu wilayah yang mana memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah lain. Dalam hal ini, komoditas yang menjadi sumber ekspor maupun impor dapat berupa karet, gandum, beras, kelapa sawit, hasil hutan seperti kayu atau hasil laut seperti mutiara atau lobster.

  • Hasil Produksi

Tidak hanya hasil alam, barang yang sudah jadi pun dapat menjadi komoditas utama dalam aktivitas ekspor dan impor. Dalam hal ini seperti dipraktikkan oleh negara-negara maju dan berkembang yang banyak melakukan ekspor serta import seperti tekstil, teknologi seperti smartphone, komputer maupun barang import lainnya.

Demikian tadi beberapa informasi yang berkenaan seputar pengertian dan juga komoditas utama dalam hal ekspor dan import, semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.